BREAKING NEWS
Search

Keterlibatan Gereja Dalam Membangun Dunia Yang Damai dan Sejaterah

Ilustrasi : Gereja/doc.prib Yube/KM
Oleh : Frans Yube Pigai

Opini ,(KM)--Gereja itu jalan kebenara,dimana mengajarkan tentang hal-hal kebenaran untuk mengikuti sang Mesias anak Allah yang maha tinggi.Dia yang menciptakan kita maka Dia yang memberi jalan kebenaran kepada kita juga. Jalan kebenaran ada diman-mana terlebih terbuat dalam alkitab atau lidah Allah yang kebenaran  mengajarkan tentang kebenaran pula untuk menuju jalan yang dia tetapkan.

Geraja itu rumah Allah,yang memberikan kita untuk berdoa dan bersyukur atas kehidupan yang Tuhan berikan selama enam hari berlalu.

Keterlibatan gereja dalam membangun dunia yang damai dan sejahtera, agar keterlibatan ini menjadi inspirasi dan dorongan yang kuat bagi manusia dalam membangun komunitas yang gagah dan berani memajukan dunia yang adil, damai, dan sejahtera dalam kehidupan manusia. Karena gereja memperjuangkan dan mengatakan kepada manusia bahwa ketiga hal ini merupakan martabat manusia yang sempurna, yang diberikan oleh sang pencipta, Tuhan sendiri kepada umat manusia di dunia ini.

Kekuatan untuk membangun dunia, akan dibutuhkan dengan menanamkan nilai-nilai kebenaran yang mencapai pada suatu keberhasilan bagi diri dan sesama karena adanya cinta kasih manusia dalam hidupnya. Seperti, adanya kerja sama, saling memaafkan, menghormati, membantu, dan sebagainya. Supaya dengan adanya nilai-nilai ini, keterlibatan seseorang dalam membangun dunia yang damai dan sejahtera, akan menjadi sebuah martabat bagi manusia dalam kehidupannya. 

Gereja juga menerapkan bagi setiap kita, untuk ikut terlibat dalam memperjuangkan nilai kebenaran yang bisa memajukan individu dan kelompok masyarakat dalam membangun satu komunitas masyarakat yang damai dan sejahtera untuk mencapai pada tujuan hidup yang aman dan damai.

Memperjuangkan Masyarakat yang Adil, Damai, dan Sejahtera

Adil berarti tidak berat sebelah, berpihak kepada yang benar atau atau berperang kepada kebenaran. Tetapi dialah yang memperjuangkan secara keadilan tidak memihak pada satu sama lainnya.

Damai merupakan tidak hanya berati tidak ada perang, dan tidak hanya berarti sekedar adanya keseimbangan antara kekuatan-kekuatan yang berlawanan. 

Sejahtera adalah keseluruhan kondisi hidup masyarakat yang memungkinkan, baik kelompok maupun anggota perorangan, untuk secara lebih penuh dan lebih lancar mencapai kesempurnaan mereka sendiri. Adil, Damai, dan Sejahtera menyangkut martabat manusia yang merupakan anugerah dari sang pencipta. Oleh karena itu, kita harus memperjuangkan kondisi dan situasi masyarakat yang adil, damai, dan sejahtera.

Maka, dengan nilai martabat manusia yang di karuniahi oleh Tuhan kepada manusia, benar-benar menjadi suatu sumber kekuatan untuk memajukan dan membangun gereja dalam iman yang kuat dan tidak mudah runtuh dengan keinginan daging saja, melainkan keinginan roh, yang Tuhan berikan kepada manusia di dunia ini. Agar dengan perjuangan masyarakat akan tercapai pada suatu keadilan, kedamaian, kesejahteraan bagi manusia.(Frans Yube/KM)

Penulias adalah Mahasiswa Papua yang sedang Kuliah di Surabaya dan Aktif Menulis di Media Kabar Mapegaa.



nanomag

Media Online Kabar Mapega adalah salah situs media online yang mengkaji berita-berita seputar tanah Papua dan Papua barat secara beragam dan berimbang.


0 thoughts on “Keterlibatan Gereja Dalam Membangun Dunia Yang Damai dan Sejaterah